Kamis, 25 Maret 2010

JAMSOSTEK - Alternatif Tepat Pelindung Tenaga Kerja


Minggu yang lalu saya mengalami kecelakaan kecil yang menyebabkan tangan saya harus menerima jahitan. Kecelakaan tersebut terjadi di luar waktu kerja saya. Biaya yang harus dikeluarkan kebetulan tidak seberapa dan sayapun masih memegang polis asuransi dari salah satu perusahaan asuransi swasta (meskipun untuk itu saya tidak melakukan reimburse).

Mungkin banyak yang tidak tahu bila sebenarnya pekerjaan di bidang event organizer juga rawan dengan kecelakaan. Kegiatan para kru mulai dari pemasangan material promo, loading - unloading, setting sampai bongkar venue (stage, backdrop dan sebagainya) cukup beresiko terhadap kecelakaan. 

Bayangkan apabila pada saat pemasangan baliho kru yang bertugas melakukan kesalahan yang berakibat tertimpa baliho yang berukuran besar (sebagai bayangan rata-rata ukuran baliho normal adalah 3 x 4 meter), atau saat pemasangan stage rigging yang lumayan berat. Beberapa daerah yang saya kunjungi malah tidak mengenal safety tools alias mengerjakan semua pekerjaan berat tersebut tanpa alat pengaman. Semakin rumit konsep yang akan dibuat  semakin banyak property yang dibutuhkan dan bisa jadi semakin beresiko bagi kru atau tenaga kerja lapangan yang mengerjakannya.

Jamsostek adalah pilihan yang mencukupi dan cenderung tepat untuk kondisi dunia kerja di Indonesia. Tenaga Kerja di berbagai usaha di bidang formal dapat menjadi peserta. Program-program yang ditawarkan oleh Jamsostek adalah :
  • Jaminan Hari Tua
  • Jaminan Pemeliharaan Kesehatan
  • Jaminan Kecelakaan Kerja
  • Jaminan Kematian
Bagaimana dengan pekerja lepas dan pengusaha mandiri? Semuanya ternyata dapat terdaftar sebagai peserta Jamsostek dan termasuk ke dalam program TK-LHK dan Jasa Kontruksi.

Pelayanan yang diberikan oleh Jamsostekpun cukup baik. Pengajuan klaim yang cukup mudah ditambah respon yang cepat saat ini menjadi standar pelayanan mereka. Dengan jaringan kantor yang tersebar di hampir seluruh daerah di Indonesia, cukuplah alasan untuk menjadikan Jamsostek Pelindung Pekerja dan Mitra Pengusaha yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar