Jumat, 05 Maret 2010

Insentif pada MICE : Unsur yang Belum Berkembang

Seperti kita ketahui kegiatan MICE mengandung unsur (M)eeting, (I)ncentive, (C)onference dan (E)xbhition. Dari keempat kegiatan tersebut rasanya hanya Insentif saja yang belum banyak berkembang di Indonesia. 

Insentif berarti suatu bonus yang diberikan oleh suatu Perusahaan atau Lembaga kepada karyawan atau anggotanya sebagai bentuk apresiasi atas peningkatan atau pemaksimalan kerjanya. Misalnya seorang karyawan bagian pemasaran menerima Insentif karena prestasinya melampaui target penjualan yang telah ditetapkan Perusahaan. Insentif dalam MICE disini diartikan sebagai bonus berupa paket perjalanan ke suatu negara, kota atau daerah yang memang terkenal dan menjadi impian setiap orang.

Daerah wisata tujuan favorit pemberian insentif di Indonesia adalah Bali. Tidak hanya perusahaan-perusahaan di Indonesia saja yang memilih Bali untuk iming-iming pemberian insentif bagi karyawannya, tapi juga banyak perusahaan atau lembaga internasional di dunia. Tujuan wisata insentif lainnya adalah Jogja. Sebenarnya banyak perusahaan atau lembaga di Indonesia lebih banyak memberikan bonus perjalanan ke luar negeri. 

Bisnis meeting dan conference (bahkan exhibition) mulai merambah hingga ke tingkat kabupaten, dimana hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya hotel yang melengkapi fasilitasnya dengan ruangan untuk conference & meeting dengan kapasitas yang lumayan besar. Beberapa kabupaten bahkan sudah berani mengadakan kegiatan-kegiatan tingkat nasional. Sayangnya untuk insentif masih banyak yang belum berhasil membuat daerahnya menjadi tujuan wisata insentif.

Kunci utama semuanya adalah masalah promosi yang belum maksimal. Dalam hal kegiatan wisata insentif dengan tujuan daerah-daerah di Indonesia, diharapkan peran biro/agen perjalanan untuk lebih kreatif lagi. Salah satu bentuk kekreatifan tersebut misalnya membuat paket wisata ke daerah-daerah di Indonesia dengan mengajak salah satu tokoh atau selebritis untuk ikut serta. Dengan contoh penawaran program seperti itulah seorang karyawan dapat bangga dengan pemberian insentif atas pencapaian kerjanya. Peran perusahaan juga sangatlah penting untuk mengangkat wisata insentif daerah-daerah di Indonesia lebih dikenal lagi.

Membanggakan rasanya apabila suatu saat pegawai-pegawai di luar negeri berlomba-lomba meningkatkan prestasi kerjanya agar dapat memperoleh insentif berupa wisata ke Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar